1. Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme
(kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang
dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang
hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin
mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan
yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting
bagi negara Indonesia
§ Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§
Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk
negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi
dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3. Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang
dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29
Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya
mengemukakan lima asas yaitu:
1.
peri kebangsaan
2.
peri kemanusiaan
3.
peri ke Tuhanan
4.
peri kerakyatan
5.
kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31
Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.
persatuan
2.
keseimbangan lahir dan batin
3.
kekeluargaan
4.
keadilan rakyat
5.
musyawarah
Pada tanggal 1
Juni 1945, Soekarno mengusulkan
lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§
nasionalisme dan kebangsaan
Indonesia
§
internasionalisme dan peri
kemanusiaan
§
mufakat atau demokrasi
§
kesejahteraan sosial
§
Ketuhanan yang Maha Esa
4. Menyebutkan hasil sidang BPUPKI
5. Menjelaskan situasi
Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.
Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara
golongan tua dengan golongan muda
7. Menjelaskan tujuan para
pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok
Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh.
Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang
8.
Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah
proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep
teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.
Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran
Bendera Merah Putih
§ Sambutan
Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi
10.
Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia
22. Menjelaskan peran
pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan
kerja
§ Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§ Angkatan kerja
adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau
mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya
lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari
pekerjaan
24. Disajikan data
permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga
kerjaan di Indonesia
§
Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas
tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat
pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat
pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan
berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§ Jumlah angkatan
kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya
jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan
membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak
tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan
pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong
pembangunan ekonomi.
§ Persebaran
tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian
besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa.
Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian,
perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi
pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya
alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya
krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia
mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti
bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan
semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja
terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.
25. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§ Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§ Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§ Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§ Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat
mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat
mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja
28. Siswa dapat
menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan
29. Siswa dapat
menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§
Sistem
Ekonomi Kapitalis/Liberal
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
TIAP
ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü
KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü
PRODUKSI
DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
PEMERINTAH
SULIT DALAM MENGAWASI DAN MENGATUR PEREKONOMIAN
ü
MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü
EKSPLOITASI
BERLEBIHAN TERHADAP ALAM DAN SESAMA
MANUSIA
§
Sistem
Ekonomi Terpusat/Komando
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
MUDAH
MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü
MUDAH
MENGATUR PRODUKSI
ü
KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·
KELEMAHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
KREATIFITAS
INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü
KEGIATAN
EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü
JENIS
RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel
berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan
salah satu sistem perekonomian
§ Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§ Terpusat: Rusia, Cuba, China
§ Campuran: Indonesia
31. Siswa dapat
mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah
Demokrasi Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri
sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di
Indonesia
33. Disajikan tabel
pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama
perekonomian Indonesia
§
BUMN
: BADAN USAHA MILIK NEGARA
§
BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§
KOPERASI
34. Disajikan data
pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama
perekonomian di Indonesia
§ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan
kekeluargaan
§ Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki
pekerjaan yg hendaki
§ Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara
dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat
menyebutkan salah satu fungsi pajak
36. Siswa dapat
mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung: Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN
37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak,
siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah
38. Di ilustrasikan
pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
PBB Terutang=
0,5%x 20%<NJKP> x (NJOP dasar
pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi
contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan
seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)
40. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam permintaan
§
Permintaan
efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau
jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada
permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia
mampu membayarnya.
§
Permintaan
potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan
jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum
melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki
sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum
mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§ Permintaan absolut adalah permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan
tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga.
Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa
terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat
menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva
permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau
penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat
mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva
terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel
permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis
kurva tsb
45. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam harga 1. Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme
(kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang
dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang
hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin
mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan
yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting
bagi negara Indonesia
§ Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§
Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk
negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi
dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3. Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang
dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29
Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya
mengemukakan lima asas yaitu:
1.
peri kebangsaan
2.
peri kemanusiaan
3.
peri ke Tuhanan
4.
peri kerakyatan
5.
kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31
Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.
persatuan
2.
keseimbangan lahir dan batin
3.
kekeluargaan
4.
keadilan rakyat
5.
musyawarah
Pada tanggal 1
Juni 1945, Soekarno mengusulkan
lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§
nasionalisme dan kebangsaan
Indonesia
§
internasionalisme dan peri
kemanusiaan
§
mufakat atau demokrasi
§
kesejahteraan sosial
§
Ketuhanan yang Maha Esa
4. Menyebutkan hasil sidang BPUPKI
5. Menjelaskan situasi
Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.
Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara
golongan tua dengan golongan muda
7. Menjelaskan tujuan para
pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok
Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh.
Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang
8.
Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah
proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep
teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.
Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran
Bendera Merah Putih
§ Sambutan
Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi
10.
Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia
22. Menjelaskan peran
pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan
kerja
§ Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§ Angkatan kerja
adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau
mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya
lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari
pekerjaan
24. Disajikan data
permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga
kerjaan di Indonesia
§
Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas
tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat
pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat
pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan
berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§ Jumlah angkatan
kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya
jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan
membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak
tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan
pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong
pembangunan ekonomi.
§ Persebaran
tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian
besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa.
Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian,
perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi
pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya
alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya
krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia
mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti
bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan
semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja
terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.
25. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§ Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§ Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§ Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§ Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat
mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat
mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja
28. Siswa dapat
menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan
29. Siswa dapat
menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§
Sistem
Ekonomi Kapitalis/Liberal
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
TIAP
ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü
KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü
PRODUKSI
DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
PEMERINTAH
SULIT DALAM MENGAWASI DAN MENGATUR PEREKONOMIAN
ü
MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü
EKSPLOITASI
BERLEBIHAN TERHADAP ALAM DAN SESAMA
MANUSIA
§
Sistem
Ekonomi Terpusat/Komando
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
MUDAH
MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü
MUDAH
MENGATUR PRODUKSI
ü
KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·
KELEMAHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
KREATIFITAS
INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü
KEGIATAN
EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü
JENIS
RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel
berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan
salah satu sistem perekonomian
§ Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§ Terpusat: Rusia, Cuba, China
§ Campuran: Indonesia
31. Siswa dapat
mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah
Demokrasi Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri
sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di
Indonesia
33. Disajikan tabel
pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama
perekonomian Indonesia
§
BUMN
: BADAN USAHA MILIK NEGARA
§
BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§
KOPERASI
34. Disajikan data
pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama
perekonomian di Indonesia
§ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan
kekeluargaan
§ Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki
pekerjaan yg hendaki
§ Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara
dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat
menyebutkan salah satu fungsi pajak
36. Siswa dapat
mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung: Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN
37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak,
siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah
38. Di ilustrasikan
pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
PBB Terutang=
0,5%x 20%<NJKP> x (NJOP dasar
pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi
contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan
seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)
40. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam permintaan
§
Permintaan
efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau
jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada
permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia
mampu membayarnya.
§
Permintaan
potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan
jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum
melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki
sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum
mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§ Permintaan absolut adalah permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan
tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga.
Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa
terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat
menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva
permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau
penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat
mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva
terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel
permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis
kurva tsb
45. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam harga 1. Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme
(kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang
dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang
hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin
mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan
yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting
bagi negara Indonesia
§ Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§
Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk
negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi
dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3. Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang
dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29
Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya
mengemukakan lima asas yaitu:
1.
peri kebangsaan
2.
peri kemanusiaan
3.
peri ke Tuhanan
4.
peri kerakyatan
5.
kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31
Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.
persatuan
2.
keseimbangan lahir dan batin
3.
kekeluargaan
4.
keadilan rakyat
5.
musyawarah
Pada tanggal 1
Juni 1945, Soekarno mengusulkan
lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§
nasionalisme dan kebangsaan
Indonesia
§
internasionalisme dan peri
kemanusiaan
§
mufakat atau demokrasi
§
kesejahteraan sosial
§
Ketuhanan yang Maha Esa
4. Menyebutkan hasil sidang BPUPKI
5. Menjelaskan situasi
Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.
Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara
golongan tua dengan golongan muda
7. Menjelaskan tujuan para
pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok
Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh.
Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang
8.
Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah
proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep
teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.
Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran
Bendera Merah Putih
§ Sambutan
Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi
10.
Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia
22. Menjelaskan peran
pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan
kerja
§ Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§ Angkatan kerja
adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau
mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya
lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari
pekerjaan
24. Disajikan data
permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga
kerjaan di Indonesia
§
Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas
tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat
pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat
pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan
berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§ Jumlah angkatan
kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya
jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan
membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak
tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan
pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong
pembangunan ekonomi.
§ Persebaran
tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian
besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa.
Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian,
perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi
pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya
alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya
krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia
mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti
bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan
semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja
terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.
25. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§ Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§ Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§ Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§ Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat
mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat
mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja
28. Siswa dapat
menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan
29. Siswa dapat
menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§
Sistem
Ekonomi Kapitalis/Liberal
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
TIAP
ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü
KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü
PRODUKSI
DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
PEMERINTAH
SULIT DALAM MENGAWASI DAN MENGATUR PEREKONOMIAN
ü
MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü
EKSPLOITASI
BERLEBIHAN TERHADAP ALAM DAN SESAMA
MANUSIA
§
Sistem
Ekonomi Terpusat/Komando
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
MUDAH
MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü
MUDAH
MENGATUR PRODUKSI
ü
KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·
KELEMAHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
KREATIFITAS
INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü
KEGIATAN
EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü
JENIS
RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel
berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan
salah satu sistem perekonomian
§ Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§ Terpusat: Rusia, Cuba, China
§ Campuran: Indonesia
31. Siswa dapat
mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah
Demokrasi Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri
sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di
Indonesia
33. Disajikan tabel
pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama
perekonomian Indonesia
§
BUMN
: BADAN USAHA MILIK NEGARA
§
BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§
KOPERASI
34. Disajikan data
pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama
perekonomian di Indonesia
§ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan
kekeluargaan
§ Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki
pekerjaan yg hendaki
§ Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara
dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat
menyebutkan salah satu fungsi pajak
36. Siswa dapat
mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung: Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN
37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak,
siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah
38. Di ilustrasikan
pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
PBB Terutang=
0,5%x 20%<NJKP> x (NJOP dasar
pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi
contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan
seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)
40. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam permintaan
§
Permintaan
efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau
jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada
permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia
mampu membayarnya.
§
Permintaan
potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan
jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum
melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki
sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum
mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§ Permintaan absolut adalah permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan
tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga.
Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa
terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat
menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva
permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau
penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat
mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva
terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel
permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis
kurva tsb
45. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam harga 1. Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme
(kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang
dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang
hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin
mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan
yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting
bagi negara Indonesia
§ Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§
Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk
negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi
dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3. Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang
dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29
Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya
mengemukakan lima asas yaitu:
1.
peri kebangsaan
2.
peri kemanusiaan
3.
peri ke Tuhanan
4.
peri kerakyatan
5.
kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31
Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.
persatuan
2.
keseimbangan lahir dan batin
3.
kekeluargaan
4.
keadilan rakyat
5.
musyawarah
Pada tanggal 1
Juni 1945, Soekarno mengusulkan
lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§
nasionalisme dan kebangsaan
Indonesia
§
internasionalisme dan peri
kemanusiaan
§
mufakat atau demokrasi
§
kesejahteraan sosial
§
Ketuhanan yang Maha Esa
4. Menyebutkan hasil sidang BPUPKI
5. Menjelaskan situasi
Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.
Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara
golongan tua dengan golongan muda
7. Menjelaskan tujuan para
pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok
Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh.
Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang
8.
Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah
proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep
teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.
Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran
Bendera Merah Putih
§ Sambutan
Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi
10.
Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia
22. Menjelaskan peran
pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan
kerja
§ Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§ Angkatan kerja
adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau
mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya
lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari
pekerjaan
24. Disajikan data
permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga
kerjaan di Indonesia
§
Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas
tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat
pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat
pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan
berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§ Jumlah angkatan
kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya
jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan
membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak
tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan
pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong
pembangunan ekonomi.
§ Persebaran
tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian
besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa.
Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian,
perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi
pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya
alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya
krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia
mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti
bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan
semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja
terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.
25. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§ Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§ Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§ Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§ Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat
mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat
mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja
28. Siswa dapat
menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan
29. Siswa dapat
menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§
Sistem
Ekonomi Kapitalis/Liberal
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
TIAP
ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü
KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü
PRODUKSI
DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
PEMERINTAH
SULIT DALAM MENGAWASI DAN MENGATUR PEREKONOMIAN
ü
MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü
EKSPLOITASI
BERLEBIHAN TERHADAP ALAM DAN SESAMA
MANUSIA
§
Sistem
Ekonomi Terpusat/Komando
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
MUDAH
MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü
MUDAH
MENGATUR PRODUKSI
ü
KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·
KELEMAHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
KREATIFITAS
INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü
KEGIATAN
EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü
JENIS
RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel
berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan
salah satu sistem perekonomian
§ Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§ Terpusat: Rusia, Cuba, China
§ Campuran: Indonesia
31. Siswa dapat
mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah
Demokrasi Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri
sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di
Indonesia
33. Disajikan tabel
pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama
perekonomian Indonesia
§
BUMN
: BADAN USAHA MILIK NEGARA
§
BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§
KOPERASI
34. Disajikan data
pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama
perekonomian di Indonesia
§ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan
kekeluargaan
§ Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki
pekerjaan yg hendaki
§ Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara
dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat
menyebutkan salah satu fungsi pajak
36. Siswa dapat
mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung: Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN
37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak,
siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah
38. Di ilustrasikan
pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
PBB Terutang=
0,5%x 20%<NJKP> x (NJOP dasar
pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi
contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan
seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)
40. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam permintaan
§
Permintaan
efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau
jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada
permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia
mampu membayarnya.
§
Permintaan
potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan
jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum
melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki
sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum
mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§ Permintaan absolut adalah permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan
tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga.
Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa
terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat
menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva
permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau
penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat
mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva
terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel
permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis
kurva tsb
45. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam harga 1. Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme
(kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang
dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang
hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin
mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan
yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2. Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting
bagi negara Indonesia
§ Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§
Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk
negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi
dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3. Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang
dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29
Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya
mengemukakan lima asas yaitu:
1.
peri kebangsaan
2.
peri kemanusiaan
3.
peri ke Tuhanan
4.
peri kerakyatan
5.
kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31
Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.
persatuan
2.
keseimbangan lahir dan batin
3.
kekeluargaan
4.
keadilan rakyat
5.
musyawarah
Pada tanggal 1
Juni 1945, Soekarno mengusulkan
lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§
nasionalisme dan kebangsaan
Indonesia
§
internasionalisme dan peri
kemanusiaan
§
mufakat atau demokrasi
§
kesejahteraan sosial
§
Ketuhanan yang Maha Esa
4. Menyebutkan hasil sidang BPUPKI
5. Menjelaskan situasi
Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.
Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara
golongan tua dengan golongan muda
7. Menjelaskan tujuan para
pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok
Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh.
Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang
8.
Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah
proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep
teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.
Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran
Bendera Merah Putih
§ Sambutan
Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi
10.
Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa
Indonesia
22. Menjelaskan peran
pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat
23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan
kerja
§ Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§ Angkatan kerja
adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau
mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya
lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari
pekerjaan
24. Disajikan data
permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga
kerjaan di Indonesia
§
Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas
tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat
pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat
pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan
teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan
berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§ Jumlah angkatan
kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya
jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan
membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak
tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan
pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong
pembangunan ekonomi.
§ Persebaran
tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian
besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa.
Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian,
perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi
pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya
alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya
krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia
mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti
bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan
semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja
terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.
25. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§ Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§ Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§ Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§ Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat
mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat
mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja
28. Siswa dapat
menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan
29. Siswa dapat
menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§
Sistem
Ekonomi Kapitalis/Liberal
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
TIAP
ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü
KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü
PRODUKSI
DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·
KEKURANGAN SISTEM EKONOMI
KAPITALIS/LIBERAL
ü
PEMERINTAH
SULIT DALAM MENGAWASI DAN MENGATUR PEREKONOMIAN
ü
MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü
EKSPLOITASI
BERLEBIHAN TERHADAP ALAM DAN SESAMA
MANUSIA
§
Sistem
Ekonomi Terpusat/Komando
·
KELEBIHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
MUDAH
MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü
MUDAH
MENGATUR PRODUKSI
ü
KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·
KELEMAHAN SISTEM EKONOMI
KOMANDO/TERPUSAT
ü
KREATIFITAS
INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü
KEGIATAN
EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü
JENIS
RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel
berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan
salah satu sistem perekonomian
§ § Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
Terpusat: Rusia, Cuba, China
Campuran: Indonesia
31. Siswa dapat
mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah
Demokrasi Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri
sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di
Indonesia
33. Disajikan tabel
pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama
perekonomian Indonesia
§
BUMN
: BADAN USAHA MILIK NEGARA
§
BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§
KOPERASI
34. Disajikan data
pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama
perekonomian di Indonesia
§ Perekonomian disusun sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan
kekeluargaan
§ Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki
pekerjaan yg hendaki
§ Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara
dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat
menyebutkan salah satu fungsi pajak
36. Siswa dapat
mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung: Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN
37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak,
siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah
38. Di ilustrasikan
pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
PBB Terutang=
0,5%x 20%<NJKP> x (NJOP dasar
pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi
contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan
seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)
40. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam permintaan
§
Permintaan
efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau
jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada
permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia
mampu membayarnya.
§
Permintaan
potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan
jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum
melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki
sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum
mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§ Permintaan absolut adalah permintaan
konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli.
Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli
barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan
tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga.
Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa
terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat
menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva
permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau
penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat
mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva
terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel
permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis
kurva tsb
45. Siswa dapat
mengidentifikasi macam-macam harga
0 komentar:
Posting Komentar