Pages

Sabtu, 16 Juni 2012

Kisi-Kisi IPS kelas 8


1.   Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2.   Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting bagi negara Indonesia
§  Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§  Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3.     Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:
1.   peri kebangsaan
2.   peri kemanusiaan
3.   peri ke Tuhanan
4.   peri kerakyatan
5.   kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.   persatuan
2.   keseimbangan lahir dan batin
3.   kekeluargaan
4.   keadilan rakyat
5.   musyawarah
Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§  nasionalisme dan kebangsaan Indonesia
§  internasionalisme dan peri kemanusiaan
§  mufakat atau demokrasi
§  kesejahteraan sosial
§  Ketuhanan yang Maha Esa

4.  Menyebutkan hasil sidang BPUPKI


5. Menjelaskan situasi Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.   Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara golongan tua dengan golongan muda


7.  Menjelaskan tujuan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok

Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang

8.   Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.   Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran Bendera Merah Putih
§ Sambutan Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi

10.               Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia


 22. Menjelaskan peran pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat




23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
§  Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§  Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
24. Disajikan data permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia
§   Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§  Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
§  Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian, perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.

25. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§  Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§  Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§  Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§  Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja

28. Siswa dapat menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

29. Siswa dapat menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§  Sistem Ekonomi Kapitalis/Liberal
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  TIAP ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü    KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü  PRODUKSI DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·         KEKURANGAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  PEMERINTAH SULIT DALAM MENGAWASI DAN  MENGATUR  PEREKONOMIAN
ü   MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü  EKSPLOITASI BERLEBIHAN TERHADAP  ALAM DAN SESAMA MANUSIA

§  Sistem Ekonomi  Terpusat/Komando
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  MUDAH MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü  MUDAH MENGATUR PRODUKSI
ü   KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·         KELEMAHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  KREATIFITAS INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü  KEGIATAN EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü  JENIS RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan salah satu sistem perekonomian
§  Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§  Terpusat: Rusia, Cuba, China
§  Campuran: Indonesia

31. Siswa dapat mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah Demokrasi  Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di Indonesia
33. Disajikan tabel pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama perekonomian Indonesia
§  BUMN : BADAN USAHA MILIK NEGARA
§   BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§   KOPERASI
34. Disajikan data pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama perekonomian di Indonesia
§  Perekonomian disusun  sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan kekeluargaan
§  Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki pekerjaan yg hendaki
§  Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi pajak


36. Siswa dapat mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung:  Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN

37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak, siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah


38. Di ilustrasikan pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
 PBB Terutang=  0,5%x  20%<NJKP> x (NJOP dasar pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)




40. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam permintaan
§  Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
§  Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§  Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis kurva tsb

45. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam harga1.   Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2.   Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting bagi negara Indonesia
§  Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§  Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3.     Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:
1.   peri kebangsaan
2.   peri kemanusiaan
3.   peri ke Tuhanan
4.   peri kerakyatan
5.   kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.   persatuan
2.   keseimbangan lahir dan batin
3.   kekeluargaan
4.   keadilan rakyat
5.   musyawarah
Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§  nasionalisme dan kebangsaan Indonesia
§  internasionalisme dan peri kemanusiaan
§  mufakat atau demokrasi
§  kesejahteraan sosial
§  Ketuhanan yang Maha Esa

4.  Menyebutkan hasil sidang BPUPKI


5. Menjelaskan situasi Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.   Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara golongan tua dengan golongan muda


7.  Menjelaskan tujuan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok

Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang

8.   Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.   Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran Bendera Merah Putih
§ Sambutan Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi

10.               Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia


 22. Menjelaskan peran pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat




23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
§  Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§  Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
24. Disajikan data permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia
§   Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§  Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
§  Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian, perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.

25. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§  Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§  Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§  Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§  Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja

28. Siswa dapat menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

29. Siswa dapat menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§  Sistem Ekonomi Kapitalis/Liberal
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  TIAP ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü    KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü  PRODUKSI DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·         KEKURANGAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  PEMERINTAH SULIT DALAM MENGAWASI DAN  MENGATUR  PEREKONOMIAN
ü   MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü  EKSPLOITASI BERLEBIHAN TERHADAP  ALAM DAN SESAMA MANUSIA

§  Sistem Ekonomi  Terpusat/Komando
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  MUDAH MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü  MUDAH MENGATUR PRODUKSI
ü   KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·         KELEMAHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  KREATIFITAS INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü  KEGIATAN EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü  JENIS RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan salah satu sistem perekonomian
§  Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§  Terpusat: Rusia, Cuba, China
§  Campuran: Indonesia

31. Siswa dapat mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah Demokrasi  Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di Indonesia
33. Disajikan tabel pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama perekonomian Indonesia
§  BUMN : BADAN USAHA MILIK NEGARA
§   BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§   KOPERASI
34. Disajikan data pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama perekonomian di Indonesia
§  Perekonomian disusun  sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan kekeluargaan
§  Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki pekerjaan yg hendaki
§  Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi pajak


36. Siswa dapat mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung:  Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN

37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak, siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah


38. Di ilustrasikan pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
 PBB Terutang=  0,5%x  20%<NJKP> x (NJOP dasar pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)




40. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam permintaan
§  Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
§  Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§  Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis kurva tsb

45. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam harga1.   Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2.   Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting bagi negara Indonesia
§  Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§  Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3.     Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:
1.   peri kebangsaan
2.   peri kemanusiaan
3.   peri ke Tuhanan
4.   peri kerakyatan
5.   kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.   persatuan
2.   keseimbangan lahir dan batin
3.   kekeluargaan
4.   keadilan rakyat
5.   musyawarah
Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§  nasionalisme dan kebangsaan Indonesia
§  internasionalisme dan peri kemanusiaan
§  mufakat atau demokrasi
§  kesejahteraan sosial
§  Ketuhanan yang Maha Esa

4.  Menyebutkan hasil sidang BPUPKI


5. Menjelaskan situasi Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.   Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara golongan tua dengan golongan muda


7.  Menjelaskan tujuan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok

Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang

8.   Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.   Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran Bendera Merah Putih
§ Sambutan Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi

10.               Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia


 22. Menjelaskan peran pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat




23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
§  Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§  Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
24. Disajikan data permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia
§   Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§  Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
§  Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian, perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.

25. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§  Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§  Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§  Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§  Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja

28. Siswa dapat menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

29. Siswa dapat menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§  Sistem Ekonomi Kapitalis/Liberal
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  TIAP ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü    KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü  PRODUKSI DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·         KEKURANGAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  PEMERINTAH SULIT DALAM MENGAWASI DAN  MENGATUR  PEREKONOMIAN
ü   MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü  EKSPLOITASI BERLEBIHAN TERHADAP  ALAM DAN SESAMA MANUSIA

§  Sistem Ekonomi  Terpusat/Komando
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  MUDAH MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü  MUDAH MENGATUR PRODUKSI
ü   KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·         KELEMAHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  KREATIFITAS INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü  KEGIATAN EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü  JENIS RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan salah satu sistem perekonomian
§  Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§  Terpusat: Rusia, Cuba, China
§  Campuran: Indonesia

31. Siswa dapat mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah Demokrasi  Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di Indonesia
33. Disajikan tabel pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama perekonomian Indonesia
§  BUMN : BADAN USAHA MILIK NEGARA
§   BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§   KOPERASI
34. Disajikan data pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama perekonomian di Indonesia
§  Perekonomian disusun  sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan kekeluargaan
§  Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki pekerjaan yg hendaki
§  Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi pajak


36. Siswa dapat mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung:  Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN

37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak, siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah


38. Di ilustrasikan pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
 PBB Terutang=  0,5%x  20%<NJKP> x (NJOP dasar pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)




40. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam permintaan
§  Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
§  Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§  Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis kurva tsb

45. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam harga1.   Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2.   Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting bagi negara Indonesia
§  Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§  Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3.     Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:
1.   peri kebangsaan
2.   peri kemanusiaan
3.   peri ke Tuhanan
4.   peri kerakyatan
5.   kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.   persatuan
2.   keseimbangan lahir dan batin
3.   kekeluargaan
4.   keadilan rakyat
5.   musyawarah
Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§  nasionalisme dan kebangsaan Indonesia
§  internasionalisme dan peri kemanusiaan
§  mufakat atau demokrasi
§  kesejahteraan sosial
§  Ketuhanan yang Maha Esa

4.  Menyebutkan hasil sidang BPUPKI


5. Menjelaskan situasi Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.   Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara golongan tua dengan golongan muda


7.  Menjelaskan tujuan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok

Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang

8.   Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.   Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran Bendera Merah Putih
§ Sambutan Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi

10.               Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia


 22. Menjelaskan peran pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat




23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
§  Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§  Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
24. Disajikan data permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia
§   Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§  Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
§  Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian, perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.

25. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§  Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§  Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§  Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§  Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja

28. Siswa dapat menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

29. Siswa dapat menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§  Sistem Ekonomi Kapitalis/Liberal
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  TIAP ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü    KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü  PRODUKSI DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·         KEKURANGAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  PEMERINTAH SULIT DALAM MENGAWASI DAN  MENGATUR  PEREKONOMIAN
ü   MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü  EKSPLOITASI BERLEBIHAN TERHADAP  ALAM DAN SESAMA MANUSIA

§  Sistem Ekonomi  Terpusat/Komando
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  MUDAH MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü  MUDAH MENGATUR PRODUKSI
ü   KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·         KELEMAHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  KREATIFITAS INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü  KEGIATAN EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü  JENIS RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan salah satu sistem perekonomian
§  Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
§  Terpusat: Rusia, Cuba, China
§  Campuran: Indonesia

31. Siswa dapat mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah Demokrasi  Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di Indonesia
33. Disajikan tabel pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama perekonomian Indonesia
§  BUMN : BADAN USAHA MILIK NEGARA
§   BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§   KOPERASI
34. Disajikan data pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama perekonomian di Indonesia
§  Perekonomian disusun  sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan kekeluargaan
§  Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki pekerjaan yg hendaki
§  Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi pajak


36. Siswa dapat mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung:  Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN

37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak, siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah


38. Di ilustrasikan pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
 PBB Terutang=  0,5%x  20%<NJKP> x (NJOP dasar pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah
49. Di ilustrasikan seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)




40. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam permintaan
§  Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
§  Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§  Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis kurva tsb

45. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam harga1.   Latar belakang pembentukan BPUPKI
karena kedudukan Facisme (kekuasaan) Jepang yang sudah sangat terancam. Maka sebenarnya, kebijaksanaan Pemerintah Jepang dengan membentuk BPUPKI bukan merupakan kebaikan hati yang murni tetapi Jepang hanya ingin mementingkan dirinya sendiri, yaitu pertama; Jepang ingin mempertahankan sisa-sisa kekuatannya dengan cara memikat hati rakyat Indonesia, dan yang kedua; untuk melaksanakan politik kolonialnya.
2.   Menjelaskan hasil sidang BPUPKI yang penting bagi negara Indonesia
§  Sidang Pertama tanggal 29 Mei-1 Juni: Dasar Negara
§  Sidang kedua berlangsung 10-17 Juli 1945 dengan tema bahasan bentuk negara, wilayah negara, kewarganegaraan, rancangan Undang-Undang Dasar, ekonomi dan keuangan, pembelaan negara, pendidikan dan pengajaran.
(tanggal 13 Juli 1945 Panitia Perancang UUD mengadakan sidang untuk membahas hasil kerja panitia kecil perancang UUD tersebut. tanggal 14 Juli 1945, rapat pleno BPUPKI menerima laporan Panitia Perancang UUD yang dibacakan oleh Ir. Soekarno. Dalam laporan tersebut tercantum tiga masalah pokok yaitu: a. pernyataan Indonesia merdeka b. pembukaan UUD c. batang tubuh UUD)
3.     Menjelaskan tentang rumusan Pancasila yang dipakai di Indonesia
Pada tanggal 29 Mei 1945, Mr. Muhammad Yamin dalam pidato singkatnya mengemukakan lima asas yaitu:
1.   peri kebangsaan
2.   peri kemanusiaan
3.   peri ke Tuhanan
4.   peri kerakyatan
5.   kesejahteraan rakyat
Pada tanggal 31 Mei 1945, Prof. Dr. Mr. Soepomo mengusulkan lima asas yaitu
1.   persatuan
2.   keseimbangan lahir dan batin
3.   kekeluargaan
4.   keadilan rakyat
5.   musyawarah
Pada tanggal 1 Juni 1945, Soekarno mengusulkan lima asas pula yang disebut Pancasila yaitu
§  nasionalisme dan kebangsaan Indonesia
§  internasionalisme dan peri kemanusiaan
§  mufakat atau demokrasi
§  kesejahteraan sosial
§  Ketuhanan yang Maha Esa

4.  Menyebutkan hasil sidang BPUPKI


5. Menjelaskan situasi Internasional yang mempercepat kemerdekaan Indonesia
Diobomnya Kota Hiroshima dan Nagasaki
6.   Menjelaskan perbedaan pendapat mengenai proklamasi antara golongan tua dengan golongan muda


7.  Menjelaskan tujuan para pemuda membawa Soekarno-Hatta ke Rengas Dengklok

Tujuannya adalah agar Ir. Soekarno dan Drs. Moh. Hatta tidak terpengaruh oleh Jepang

8.   Menjelaskan peranan Laksamana Maeda dalam perumusan naskah proklamasi
Laksamana Tadashi Maeda menyediakan rumahnya untuk tempat penyusunan konsep teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.
9.   Menyebutkan urutan upacara proklamasi kemerdekaan Indonesia
§ Pembacaan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia
§ Pengibaran Bendera Merah Putih
§ Sambutan Walikota Soewirjo dan dr. Moewardi

10.               Menyebutkan arti penting proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia


 22. Menjelaskan peran pengendalian sosial dalam kehidupan bermasyarakat




23. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian tenaga kerja dan angkatan kerja
§  Tenaga kerja merupakan penduduk yang berada dalam usia kerja
§  Angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang sedang bekerja atau mencari pekerjaan, dan klo bukan angkatan kerja adalah orang yang usia nya lebih dari 15 tahun lebih yang tidak sedang bekerja atau tidak sedang mencari pekerjaan
24. Disajikan data permasalahan ketenaga kerjaan, siswa dapat menunjukan permasalahan ketenaga kerjaan di Indonesia
§   Rendahnya kualitas tenaga kerja
Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan denganmelihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah. Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.
§  Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja
Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal harapan pemerintah, semakin banyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.
§  Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektorpertanian, perkebunan, dan kehutanan.Dengan demikian di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyaksumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.
Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian pengangguran akan semakin banyak.

25. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam pengangguran berdasarkan penyebabnya
§  Pengangguran struktural
yaitu pengangguran terjadi karena ketidak cocokan antara keterampilan tenaga kerja yang dibutuhkan dan keterampilan tenaga kerja yang tersedia.
§  Pengangguran siklikal
yaitu pengangguran terjadi karena naik turunya aktifitas atau karena perekonomian suatu Negara
§  Pengangguran musiman
yaitu pengangguran terjadi karena perubahan permintaan terhadap tenaga kerja yang sifat nya berkala
§  Pengangguran friksional
yaitu pengangguran terjadi karena pergantian pekerjaan atau pergeseran tenaga kerja.
26. Siswa dapat mengidentifikasikan permasalahan tenaga kerja di Indonesia
Sama dengan nomer 24
27. Siswa dapat mengidentifikasikan peningkatan mutu tenaga kerja

28. Siswa dapat menunjukkan salah satu peranan pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

29. Siswa dapat menyebutkan kebaikan atau keburukan sistem perekonomian yang ada di dunia
§  Sistem Ekonomi Kapitalis/Liberal
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  TIAP ORANG BEBAS MENENTUKAN NASIBNYA
ü    KREATIVITAS DAN POTENSI MASYARAKAT BERKEMBANG KARENA ADA PERSAINGAN
ü  PRODUKSI DIDASARKAN PADA KEBUTUHAN MASYARAKAT
·         KEKURANGAN SISTEM EKONOMI KAPITALIS/LIBERAL
ü  PEMERINTAH SULIT DALAM MENGAWASI DAN  MENGATUR  PEREKONOMIAN
ü   MENIMBULKAN KESENJANGAN EKONOMI
ü  EKSPLOITASI BERLEBIHAN TERHADAP  ALAM DAN SESAMA MANUSIA

§  Sistem Ekonomi  Terpusat/Komando
·         KELEBIHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  MUDAH MELAKUKAN KONTROL PEREKONOMIAN
ü  MUDAH MENGATUR PRODUKSI
ü   KEKUATAN EKONOMI MUTLAK PADA NEGARA
·         KELEMAHAN SISTEM EKONOMI KOMANDO/TERPUSAT
ü  KREATIFITAS INDIVIDU TIDAK BERKEMBANG
ü  KEGIATAN EKONOMI TIDAK MENCERMINKAN KEHENDAK RAKYAT
ü  JENIS RODUKSI TERBATAS
30. Ditampilkan tabel berisikan negara-negara di dunia, siswa dapat menunjukan tabel yang berisikan salah satu sistem perekonomian
§ §  Liberal: Amerika, Negara-negara Eropa.
Terpusat: Rusia, Cuba, China
Campuran: Indonesia

31. Siswa dapat mengidentifikasi sistem perekonomian di Indonesia
Sistem perekonomian di Indonesia adalah Demokrasi  Ekonomi
32. Disajikan ciri-ciri sistem perekonomian, siswa dapat mengklasifikasi ciri-ciri perekonomian di Indonesia
33. Disajikan tabel pelaku-pelaku perekonomian di Indonesia, siswa dapat menunjukan pelaku utama perekonomian Indonesia
§  BUMN : BADAN USAHA MILIK NEGARA
§   BUMS : BADAN USAHA MILIK SWASTA
§   KOPERASI
34. Disajikan data pelaku perekonomian, siswa dapat menunjukan salah satu pelaku utama perekonomian di Indonesia
§  Perekonomian disusun  sebagai usaha bersama yg didasarkan landasan kekeluargaan
§  Adanya kebebasan rakyat untuk memiliki pekerjaan yg hendaki
§  Potensi, Inisiatif, dan daya kreasi warga Negara dikembangkan sepenuhnya
35. Siswa dapat menyebutkan salah satu fungsi pajak


36. Siswa dapat mengidentifikasi pajak langsung dan tak langsung
§ Pajak Langsung:  Pajak Penghasilan, Pajak Bumi dan Bangunan
§ Pajak Tidak Langsung: PPN

37. Di ilustrasikan mengenai wajib pajak, siswa dapat menyebutkan tarif pajak yang digunakan pemerintah


38. Di ilustrasikan pembayaran pajak PBB, siswa dapat menghitung pajak PBB
 PBB Terutang=  0,5%x  20%<NJKP> x (NJOP dasar pengenaan pajak – NJOPTKP)
39. Siswa dapat memberi contoh jenis pajak yang ditanggung pemerintah


49. Di ilustrasikan seseorang membayar pajak PPh, siswa dapat menghitung PPh. (essay)




40. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam permintaan
§  Permintaan efektif adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang atau jasa yang disertai dengan daya beli atau kemampuan membayar. Pada permintaan jenis ini, seorang konsumen memang membutuhkan barang itu dan ia mampu membayarnya.
§  Permintaan potensial adalah permintaan masyarakat terhadap suatu barang dan jasa yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membeli, tetapi belum melaksanakan pembelian barang atau jasa tersebut. Contohnya Pak Luki sebenarnya mempunyai uang yang cukup untuk membeli kulkas, namun ia belum mempunyai keinginan untuk membeli kulkas.
§  Permintaan absolut adalah permintaan konsumen terhadap suatu barang atau jasa yang tidak disertai dengan daya beli. Pada permintaan absolut konsumen tidak mempunyai kemampuan (uang) untuk membeli barang yang diinginkan. Contohnya Hendra ingin membeli sepatu olahraga. Akan tetapi uang yang dimiliki Hendra tidak cukup untuk membeli sepatu olahraga. Oleh karena itu keinginan Hendra untuk membeli sepatu olahraga tidak bisa terpenuhi.
41. Disajikan data faktor permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan faktor yang mempengaruhi permintaan/penawaran
Ceteris Paribus!!!
42. Disajikan kurva permintaan dan penawaran, siswa dapat menunjukkan kurva permintaan atau penawaran
InsyaAllah ngerti
43. Siswa dapat mengidentifikasi hukum permintaan/penawaran
InsyaAllah bisa
44. Disajikan kurva terbentuknya harga pasar, siswa dapat menunjukkan harga keseimbangan
InsyaAllah Bisa
50. Disajikan tabel permintaan, penawaran, dan harga. Siswa dapat membuat kurva dan menganalisis kurva tsb

45. Siswa dapat mengidentifikasi macam-macam harga

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks For Visiting