Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

Sejarah Teknik Metalurgi ITB



Program Studi Teknik Metalurgi resmi dibuka di ITB pada bulan Juni 2006 dibawah Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral (FIKTM). Sebelumnya, sejak pertengahan tahun 1960-an, pendidikan metalurgi telah diajarkan di Jurusan Teknik Pertambangan, Fakultas Teknik Industri, ITB, sebagai option atau sub-jurusan bersama-sama dengan Option Tambang Eksplorasi dan Option Tambang Umum. Ketika kemudian Fakultas Teknologi Mineral berdiri dan selanjutnya kemudian berubah nama menjadi Fakultas Ilmu Kebumian dan Teknologi Mineral, Option Metalurgi masih tetap di bawah Jurusan/Departemen Teknik Pertambangan, dengan kurikulum yang telah berbeda dengan option yang lain sejak tahun ke dua atau semester 3.


Rencana pendirian program studi ini sebenarnya telah dirintis cukup lama yaitu sejak awal tahun 70-an oleh para dosen senior metalurgi di Jurusan Teknik Pertambangan ITB waktu itu, seperti Prof. Waryono Soemodinoto, Prof. Waspodo Martojo, Prof. Djamhur Sule, Ir. Alwi Ibrahim, Ir. Durban L. Ardjo, M.Sc., Dr. Rozik B. Soetjipto dan Prof.. Faraz Umar. Dasar pemikiran saat itu adalah perlunya sebuah program studi yang memberikan kompetensi kepada lulusannya di bidang metalurgi secara "utuh". Itulah sebabnya sejak tahun 70-an, kurikulum yang disusun di Option Metalurgi, Jurusan/Departemen/Program Studi Teknik Pertambangan ITB telah mengakomodasi pengertian metalurgi yang utuh, sehingga lulusannya telah membuktikan dapat bekerja dengan baik di berbagai industri mulai dari industri pengolahan mineral, pencucian batubara dan ekstraksi logam di perusahaan pertambangan hingga industri peleburan logam, industri baja dan manufaktur.
Secara intensif rencana pendirian Program Studi Teknik Metalurgi dimulai pada tahun 1998. Sejak saat itu pembahasan di tingkat Jurusan atau Departemen (Majelis Jurusan atau Majelis Departemen), Fakultas (Senat Fakultas) dan ITB (Senat Akademik dan Majelis Wali Amanat) berlangsung sangat alot, terutama karena telah ada Program Studi Teknik Material di Fakultas Teknologi Industri. Namun dari berbagai diskusi telah disepakati bahwa tumpang tindih bidang kajian antara kedua program studi ini adalah pada metalurgi fisika.  
Beberapa catatan penting mengenai perjalanan pembukaan Program Studi Teknik Metalurgi dari Departemen Teknik Pertambangan FIKTM-ITB tersebut diantaranya adalah mendapat dukungan dari dua program studi yang direkomendasi oleh Senat Akademik ITB, yaitu Program Studi Fisika pada tanggal 16 Juni 2004 dan Program Studi Teknik Material pada tanggal 26 Juli 2004. Selanjutnya mendapat persetujuan dari Senat Akademik ITB melalui Surat Keputusan No. 69/SK/K01.SA/2004, pada tanggal 31 Desember 2004. Persetujuan dari Majelis Wali Amanah ITB diperoleh pada tanggal 22 Mei 2006, dan kemudian akhirnya pembukaan secara resmi berdasarkan Keputusan Rektor ITB, No 123/SK/K01/OT/2006, tanggal 9 Juni 2006. 

1 komentar:

  1. Bolavita Merupakan Agen Bola Terbesar Di indonesia !! - Ayo Daftar Akun Bola Anda Dan Pasang Taruhan mu Serta Menang Bersama BOLAVITA

    Dapatkan Promo Bonus 10% NEW MEMBER / Cashback Hingga 10%

    Bolavita Menyediakan Promo Bonus New Member & Bonus Setiap Minggu'a.. Bahkan Bolavita Membuat Event Lucky Draw Setiap Bulan'a Teman-teman.. Info

    Hubungi Kontak CS BOLAVITA Di Sini (24 jam Online):

    • BBM: BOLAVITA
    • WeChat: BOLAVITA
    • WA: +6281377055002
    • Line : cs_bolavita

    BalasHapus

Thanks For Visiting