Pages

Sabtu, 27 Oktober 2012

Semua Berawal Dari Mimpi

Haai jadi kali ini gue akan membahas tentang cita2 gue kelak. Cita2 gue itu jadi insinyur. Kenapa jadi insinyur? Kan kalo teknik itu mengandalkan math+physic+chemist nah gue itu lebih minat ke itung2an semacam itu ketimbang biologi yg harus ngafal2in, coba aja temen2 bayangin selama gue 3 tahun sekolah di SMP ini gue jarang banget remedial fisika (bukannya sombong) tapi hampir setiap kali ulangan biologi gue remedial.. bertolak belakang banget bukan?  Selain karena minat gue lebih ke exact yg itung2an. Selain itu ada 1 faktor lagi yg buat gue kepengen bangedh pake sama dh nih sampean krn saking kepengennya, yaitu prospek gaji yang lumayan besar. Oiya gue itu sering sharing sama bokap gue masalah gini2an karena kalo masalah kayak gini lebih asik curhat ke bokap daripada nyokap, dan sebenernya gue emang lebih sering curhat ke bokap hehehe.

Jadi waktu itu gue mengemukakan kalo gue tertarik sama teknik
G: "Mbop (panggilan gue ke bokap), aku kayaknya tertarik masuk teknik niih"
B: "Bagus dong beng (panggilan akrab bokap ke gue)"
G: "Iya aamiin. Oh iya mbop yang paling mantep masuk teknik apa yaa?"
B: "Ya Minyak dan Tambang lah"
G: "Tapi kan minyak udah mau abis .__. selain 2 itu apa mbop?"
B: "Lah masa iyasih 20 tahunan lagi udah abis? Mbop sih recommend sama Metalurgi"
G: "Metalurgi? Oh itu yg baja2 gitu ya?"
B: "Iya"
G: "Lah itu ntar kerjanya di mana?"
B: "Di krakatau steel kayak Pa'de Hadi"
G: "Oh iya bener juga ya. Hmm doain ya mbop supaya kesampean jadi insinyur minyak/tambang/metalurgi"
B: "Iyalah pasti. Makanya belajar yg bener, kalo bisa kamu seperti Bu Karen Agustiawan (Dirut Pertamina) dan Bu Evita Legowo (Dirjen Migas)  kan jagoan tuh anak perempuan mbop jadi dirut BUMN"
G: "Aamiin"

Nah itu percakapan gue dengan bokap tercinta

Sekarang gue mau liatin prospek kerja insinyur2 teknik


  • Teknik Perminyakan

Nah Teknik Perminyakan salah satu jurusan di perguruan tinggi yang berfokus kepada tambang minyak, gas, dan panas bumi, meliputi kegiatan pengeboran, eksplorasi, distribusi, dan pengolahannya. Teknik perminyakan sendiri mirip dengan Teknik pertambangan,
Teknik perminyakan juga mempelajari sistem yang berhubungan dengan bangunan rig lepas pantai yang sering digunakan dalam eksplorasi minyak lepas pantai dan juga teknologi pemanfaatan panas bumi sebagai sumber energi.

prospek kerja di pertamina, chevron, BP, dll

dan gajinya adalah $120,000
gaji ini sebanding dengan risiko dalam pekerjaannya 


  • Teknik Penerbangan
Teknik Penerbangan mempelajari segala sesuatu yang ada sangkut pautnya dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa. Contohnya adalah aerodinamika, struktur, rancangan pesawat, teknik material, interaksi manusia dan mesin, teknik kendali terbang, aeroelastisitas, teknik propulsi, dan lain-lain.

prospek kerjanya bisa di PT DI, Boeing, Airbus, dll

gajinya juga lumayan yaitu $87,000



  • Teknik Kimia
Teknik Kimia mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik

tempat bekerjanya juga luas banyak sekali pabrik yang butuh lulusan teknik kimia

gue sih ga heran kalo rata2 gajinya 
$86,000


  • Teknik Elektro
Teknik elektro ini ada arus kuat ada arus lemah, kalau arus kuat agan bisa bekerja di pembangkit listrik dan sebagainya kalau arus lemah agan bakalan membuat produk2 elektronika yang sekarang ini prospeknya lagi berkembang pesat di Indonesia

tempat bekerjanya bisa di PLN, Samsung, Toshiba, dll bahkan bisa juga ke perusahaan minyak

gaji rata2nya adalah $85,000



  • Teknik Perkapalan
Teknik perkapalan ini kerjaannya design kapal. mulai dari kapal yang kecil misalnya kapal patroli sampai yang besar misalnya kapal tanker bisa juga untuk mendesign kapal perang

kalo untuk tempat bekerjanya bisa di PT PAL atau di galangan lain milik swasta

gaji rata2nya adalah $82,000



  • Teknik Mesin
Teknik mesin adalah salah satu disiplin ilmu teknik tertua dan paling luas. permintaan tinggi sejak penemuan mesin uap di bagian terakhir dari abad ke-18 dan awal Revolusi Industri. udah tua yah 

kalo bidang ini lapangan pekerjaannya banyak, bisa di industri otomotif, elektronika, kimia bahkan penerbangan

gaji rata2nya adalah 
$80,000

  • Teknik Metalurgi
Teknik Metalurgi. Mungkin masih jarang yang mengetahui tentang metalurgi. Metalurgi belajar bagaimana merancang logam, mempelajari sifat logam dan memecahkan masalah dalam bidang manufaktur. Insinyur metalurgi sering bekerjasama dengan insinyur pertambangan dalam proses ekstraksi bijih logam setelah ditambang.

temen2  bisa bekerja di Krakatau Steel atau perusahaan smelter lainnya

gaji rata2nya adalah $80,000


  • Teknik Pertambangan
Teknik Pertambangan contohnya adalah insinyur yang mengeksplorasi batubara dan berlian, mereka mencari tahu cara terbaik untuk mengambilnya dari bumi. Mereka juga belajar bagaimana untuk mencari mineral dan merancang dan mengembangkan tambang.

agan bisa bekerja di Antam, Freeport, Newmont, dll

gaji rata2 nya adalah $80,000



Oke udah gue sebutin diatas. Nah sekarang tugas gue dalah merealisasikan mimpi gue itu mulai dari sekarang dengan belajar giat. Ya semoga mimpi gue itu bisa menjadi kenyataan dimasa yg akan datang. Sebenernya kalo menurut gue keberhasilan itu berawal dari mimpi, yap mimpi yg di iringi dengan perjuangan2 dan doa2.

Oke sekian dulu dari gue, semoga bermanfaat buat teman2 semua :D

0 komentar:

Posting Komentar

Thanks For Visiting